Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Di Hari Pertama Bekerja

Dunia pekerjaan adalah lingkungan sosial dimana kita berinteraksi entah itu rekan,bawahan,atau atasan kita.Kebanyakan mungkin akan merasa canggung saat hari pertama mereka bekerja dikarenakan belum terlalu mengenal satu sama lain.

Membangun kesan positif sangat penting di hari pertama bekerja karena ini akan menjadi tolak ukur kita dipandang sebagai pribadi yang bagaimana ke depannya,tentu ini akan berbanding lurus dengan karir di tempat kita bekerja nantinya.

Berikut kumpulan tips yang sebaiknya kamu lakukan dan persiapkan di hari pertamamu bekerja.

Tips Di Hari Pertama Bekerja


1.Tidur Lebih Awal

Pastikan tidur lebih awal dari jam kamu tidur biasanya,tidur sebelum jam 10 mungkin lebih baik.Waktu tidur yang cukup akan memberi dampak positif ke tubuh kamu untuk menyimpan energi karena besok mungkin kamu akan membutuhkan banyak energi karena bertemu orang baru dan beradaptasi dengan lingkungan kerja.

2.Berpakaian Yang Nyaman Dan Pantas

Terlepas dari perusahaan kamu yang menerapkan perarturan berpakaian formal atau tidak,memakai pakaian yang membuatmu nyaman lebih baik daripada memakai pakaian yang berlebihan,pastikan sebelum kamu tidur untuk memilih baju mana yang kamu anggap cocok untuk dipakai besok saat kamu  bekerja,meminta pendapat teman,orang tua,atau pasangan kamu sangat berguna untuk melihat penilaian mereka terhadap penampilan kamu.

3.Sapa Semua Orang

Semakin banyak yang kamu kenal maka akan semakin banyak relasi yang kamu bangun,ini tentu akan memudahkanmu dalam bekerja nantinya.Bilang "hai" kepada semua orang yang kamu temui di lingkungan kamu bekerja adalah awal yang bagus di hari pertamamu bekerja.

4.Jangan Tersesat

di saat hari pertama bekerja biasanya kita akan dibawa berkeliling oleh senior kita untuk mengenal bagian-bagian di dalam perusahaan,hafalkan dan jangan sampai lupa agar kita tidak meninggalkan kesan "orang yang tersesat di hari pertama bekerja".

5.Jadilah Pendengar Yang Baik

Mungkin kamu di luar adalah orang yang senang bicara tapi di dunia kerja apalagi di hari pertamamu menjadi pendengar yang baik adalah hal yang harus kamu lakukan,bagaimanapun kamu masih anak baru dalam perusahaan,di tahap ini orang-orang masih menilai kamu dari apa yang mereka lihat bukan dari apa yang kamu katakan.Di awal-awal hindari perdebatan dengan senior kamu,jangan menyela ketika mereka berargumen atau memberi saran.

6.Jangan Lupa Nama

Menghafalkan nama rekan kerja atau atasan sangat penting sebagai sarana komunikasi karena tentu hari-hari bekerjamu akan bersama mereka,tidak ada salahnya membawa catatan kecil untuk menulis nama mereka pada saat perkenalan.

7.Ucapkan "Terima Kasih"

Biarpun sepele,ucapan "terima kasih" karena kamu merasa terbantu memiliki dampak yang besar dalam membangun interaksi dengan rekan kerja kamu,mereka akan menilai kamu sebagai orang yang memiliki rasa hormat dan etika.Ini akan memberikan ikatan antara kamu dengan rekan kerja kamu.

8.Jangan Jadi Orang Pertama Yang Pergi

Dihari pertamamu bekerja tentu kamu tidak ingin dicap sebagai "orang yang tidak memiliki loyalitas terhadap perusahaan" karena kamu berkesan tidak menikmati pekerjaan kamu,tunggulah sekitar 10 menit atau lihat jam berapa rekan kerjamu bersiap akan pulang dan tunggu beberapa menit setelah itu giliran kamu untuk pergi.





Posting Komentar untuk "8 Tips Di Hari Pertama Bekerja"