Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENULIS ARTIKEL BLOG YANG BAIK

Sebagai seorang blogger, menulis artikel yang baik tentu merupakan hal mutlak yang mesti kita lakukan.Dengan menulis kita dapat menyampaikan pandangan atau menceritakan segala hal untuk dibaca.Kitapun sudah diajarkan sejak dini perihal menulis waktu kita berada di sekolah dasar.Mengarang atau membuat kalimat tentu hal yang tidak asing bagi kita.


CARA MENULIS ARTIKEL YANG BAIK



Menulis atau membuat artikel saya rasa bukan hal yang sulit untuk dipraktekkan.yang menjadi perbedaan disini adalah bagaimana para pembaca mau menikmati tulisan kita selama mungkin tanpa buru-buru pergi setelah membaca paragraf pertama,karena hal itu sungguh ironis jika kita membuat beberapa halaman artikel tapi tidak ada sedikitpun isi yang tersampaikan kepada pembaca.

Menulis artikel apalagi untuk blog itu ibarat kita berbicara kepada banyak orang,tapi dalam hal ini berbentuk tulisan,banyak poin-poin yang mesti diperhatikan.Panjang sedikitnya tulisan tidak terpengaruh asal maksud yang ingin kita sampaikan kepada pembaca jelas dan terstruktur.Berikut saya jabarkan cara menulis  artikel yang baik agar pembaca betah berlama-lama membaca tulisan anda.


Tata Bahasa

penguasaan bahasa yang baik sangat diperlukan bila yang anda tulis adalah artikel yang bersifat informatif,ulasan,atau berita. Menggunakan bahasa Indonesia yang baku sangat disarankan agar informasi kepada pembaca benar-benar tersampaikan dan mereka paham dengan apa yang mereka baca karena mereka membaca bertujuan mencari info yang relevan dengan apa yang mereka cari.

contoh: Artikel tentang spesifikasi sebuah komputer

Berbeda apabila yang ingin ditulis adalah artikel tentang cerita atau pengalaman pribadi,menggunakan bahasa yang santai,menggunakan istilah kekinian atau slang akan lebih bagus daripada menggunakan bahasa yang baku karena terkesan kaku. 

Karena disini pembaca berharap membaca story-telling dari sipembuat artikel,mereka ingin hanyut dalam alur cerita dan menikmati setiap kalimat yang disampaikan.

contoh: artikel tentang cerita pengalaman cinta pertama

Penggabungan keduanya juga tidak apa-apa dengan memberikan artikel yang informatif tapi dengan bahasa yang santai,pembuatan artikel seperti ini umumnya bersifat review dan pengalaman penulis tentang suatu hal.Dalam dunia marketing artikel seperti ini lebih disukai pembaca.

Penguasaan bahasa dan research yang mendalam sangat diperlukan untuk membuat artikel seperti ini untuk menghindari informasi yang salah dan agar membuat pembaca tidak merasa bingung dengan apa yang mereka baca.  

contoh : artikel tentang pengalaman pribadi penulis menggunakan smartphone merk tertentu.

Kata dan Kalimat

Jangan menggunakan terlalu sering kata yang ditulis atau kalimat yang diulang-ulang karena memberikan kejenuhan bagi pembaca.Alih-alih agar artikelnya bisa sampai beberapa halaman tapi pembaca hanya dibuat berputar-putar dengan artikel yang sama.Kemudian mereka pergi begitu saja,ini tentu ini akan memberikan pengalaman buruk dan mereka tidak lagi mau membaca artikel kamu yang baru.

Bila terpaksa menggunakan kata yang sama berusahalah mencari persamaan dari kata tersebut tapi tetap tidak lari dari makna yang ada.

Jangan ragu menggunakan google translate atau kamus jika merasa buntu dalam mencari makna kata baru.

Paragraf dan huruf

Penggunaan paragraf yang baik akan membuat mata tidak cepat lelah membaca artikel biarpun itu beberapa halaman.Setiap beberapa kalimat buatlah paragraf baru.

Selain memberi kesempatan mata untuk beristirahat penggunaan paragraf yang baik juga akan membuat informasi yang disampaikan  mudah diresapi dan dipahami.tapi jangan juga terlalu sering membuat paragraf baru karena bisa membuat artikelmu berantakan,gunakan secukupnya dan seefisien mungkin.Sekedar saran setiap 5-7 kalimat buatlah paragraf baru.

Jenis huruf disini juga sangat berpengaruh tentang pengalaman membaca dari setiap pengunjung blogmu.Gunakan huruf serif atau huruf yang tidak berkait, seperti blog ini saya menggunakan huruf jenis verdana.Karena jika menggunakan huruf  seperti times new roman kesannya sangat tidak elegan saja menurut saya jika dilihat apalagi untuk jenis artikel.


Sudut Pandang

Sudut pandang adalah bagaimana si penulis menceritakan isi artikelnya atau bagaimana dia menempatkan posisinya dalam artikel.Mau memakai sudut pandang manapun gunakanlah sudut pandang yang objektif dan informatif.Bila artikel itu tentang review sebuah produk jangan menulis artikel yang berat sebelah.

Dalam artian jika produk tersebut mempunyai kekurangan jangan buat artikel yang isinya menjatuhkan produk atau memberi kesan yang menghakimi ataupun jika ingin memuji jangan terlalu mengagungkan dan berlebihan dalam memberikan ulasan.

Karena gaya penulisan artikel yang seperti itu bukannya menarik tapi memberi kesan bahwa informasi yang kita berikan palsu dan b*llshit.

Sebagai contoh artikel yang menulis tentang berita hoax saat menjelang pemilihan pilpres,tanpa mencari tahu kevalidannya,para pembaca pasti tahu mana artikel yang memang valid atau artikel yang sekedar menggiring opini publik.


Pengalaman Membaca

Harapan pembaca adalah setelah mereka membaca artikel yang kamu buat adalah mereka semakin tahu dan menambah wawasan atau kalau bisa langsung dapat dipraktekkan berdasarkan informasi dari artikelmu.

Itulah yang dimaksud dengan pengalaman membaca,artikel yang bagus adalah artikel yang memberi kesan yang mendalam dan ketika mereka berbagi informasi kepada orang lain akan menjadikan artikelmu sebagai rujukan.

Dengan membuat pengalaman yang baik bagi pembaca tidak hanya menjadikan artikelmu sekedar bahan bacaan,yang hanya dibaca saat waktu luang.Tapi juga sebagai sarana informasi yang berguna.

Demikian hal-hal tentang menulis artikel yang bisa saya sampaikan,saya akui artikel yang saya buat inipun juga jauh dari sempurna,tapi karena ketidaksempurnaan ini akan membuat kita terus belajar.Karena menulis adalah sebuah perjalanan yang panjang untuk sampai tujuan kita perlu menempuhnya setapak demi setapak.Sebagai referensi silahkan baca artikelnya Raditya Dhika atau blogger kang agus mulyadi.

Beberapa orang itu saya jadikan acuan untuk menulis,baik Raditya Dhika atau mas agus mulyadi punya karakter sendiri dalam menulis artikel,Itu yang saya sukai.



    

Posting Komentar untuk "CARA MENULIS ARTIKEL BLOG YANG BAIK"