Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

REVIEW WACOM INTUOS CTL-490 - PENGALAMAN MENGGUNAKAN


REVIEW  WACOM INTUOS CTL-490 - Bagi para pekerja seni digital atau desain grafis memiliki alat yang dapat menunjang produktifitas dan kreatifias sangat wajib untuk dimiliki walau hanya dengan modal mouse dan keyboardpun sebenarnya sudah cukup,tapi ada kalanya ketika kita dituntut untuk membuat seni grafis yang kompleks seperti menggambar ilustrasi atau komik yang jika menggunakan mouse saja pasti akan sangat lama dan tangan kita akan cepat lelah dan tidak menuntut kemungkinan juga mouse yang kita gunakan akan cepat rusak karena fungsinya yang hanya diperuntukkan untuk tahan geser menjadi fungsi untuk menggambar.



Nah,untuk itu keberadaan pen tablet sangat membantu aktifitas kita dalam menggambar digital karena fungsinya sama seperti kita menggambar pada kertas.


Pen tablet yang akan saya bahas pada artikel ini adalah Wacom Intuos CTL-490, ini adalah pen tablet pertama yang saya miliki sejak beberapa bulan yang lalu dan terus saya gunakan hingga saat ini.Disamping harganya yang terjangkau kualitasnya cukup baik dan terbukti powerfull.
Wacom Intuos CTL-490 ini saya dapat dengan harga sekitar 1.3 juta,ini adalah seri yang agak lama dari intuos keluaran terbaru tapi performa dan spesifikasinya kurang lebih sama,hanya beda warna dan bentuk mungkin dengan yang sekarang,saya beli ini di daerah surabaya jadi mungkin ada perbedaan harga jika teman-teman membeli di daerah lain.
Sebenarnya ada 3 macam jenis dari seri wacom cth490 ini diantaranya adalah Intuos Art,Comic,dan Photo.Waktu itu saya penginnya beli yang jenis Comic,tapi kata petugas tokonya kalo stoknya lagi kosong adanya Cuma seri Intuos art jadi akhirnya saya ambil.


Dari ketiga macam pen tablet tersebut speknya agak-agak mirip kalo menurut saya,Cuma yang jadi perbedaan mendasar adalah software bundle untuk tiap-tiap serinya.Ini semacam aplikasi bonus yang disertakan ketika kita membeli baru.kayak punya saya aplikasi bundle yang disertakan adalah Corel Painter Essential.Di bungkusnya terdapat alamat situs beserta kode unik untuk kita mengunduh aplikasi tersebut.
Yang saya dapat dari pembelian Wacom Intuos CTL- 490
  • Tablet
  • Pen
  • mata pena atau nip refill sebanyak 3 buah
  • kabel usb
  • stiker pelindung layar
  • manual book
  • cd driver

Spek dari Wacom Intuos CTL-490
  • Area kerja 159 x 95 mm
  • Tingkat sensitifitas pen 1024 dilengkapi dengan 4 express key
  • Pixel 2540 dpi
  • Kompatibel dengan windows 7,8 dan 10
  • Wireless tool


Saat pertama kali saya gunakan di Adobe Ilustrator kesannya sangat kaku dan gerakan penanya patah-patah,ternyata penyebabnya adalah driver yang belum diinstal karena saya lupa,jadi wacom ini sebenarnya bisa langsung digunakan tapi karena tidak adanya driver jadi saat konfigurasi dengan software lain  akan error dan mengakibatkan proses menggambarnya jadi kaku dan patah patah.
Setelah saya instal driver akhirnya pen tablet ini bisa saya  gunakan dengan lancar.kesannya sangat enak sekali sama seperti kita menggambar pada kertas biasa.


Ohh iya untuk download driver sendiri bisa langsung pergi ke situsnya tinggal pilih sistem operasi teman-teman dan jenis wacom yang dimiliki kemudian klik tombol download.Untuk install driver dari cd yang disertakan sih sebenarnya gak papa tapi pengalaman saya dulu saat install memakai cd ini laptop saya tidak bisa,belakangan saya tau karena penyebabnya adalah seri drivernya masih lama sehingga tidak dikenali oleh sistem operasi.







Posting Komentar untuk "REVIEW WACOM INTUOS CTL-490 - PENGALAMAN MENGGUNAKAN"