Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TRIK DAN CARA MENDAPATKAN VIDEO DAN GAMBAR BEBAS HAK CIPTA

Video maupun gambar bebas hak cipta adalah materi yang bebas kita gunakan baik itu untuk kepentingan komersil maupun pribadi.materi yang tidak memiliki hak cipta atau copyright tidak terdapat ketentuan hukum di dalamnya sehingga kita bisa menggunakan video tersebut secara bebas.


Ini berbeda jika kita menggunakan video atau gambar dengan copyright atau berhak cipta dimana ada ketentuan-ketentuan hukum yang harus kita patuhi tentang penggunaan video tersebut yang apabila kita melanggar seperti mengunduh atau menggunakannya untuk tujuan komersil maka kita akan terjerat dengan hukum yang ada.

Youtube sebagai platform video sharing terbesar di dunia saat ini sangat ketat dalam menerapkan aturan tersebut,tidak sedikit para konten kreator yang didismonetisasi atau tidak bisa lagi menayangkan iklan di chanel mereka karena ada beberapa elemen dalam video mereka yang mengandung unsur hak cipta dari video lain entah itu video maupun suara.

Baca Juga : perbandingan antara adobe ilustrator dengan corel draw

Tentu ini sebuah dilema berat bagi para konten kreator pemula ataupun yang mempunyai sedikit dana tapi ingin membangun channel dengan harapan agar dikenal banyak orang maupun ingin mendapatkan penghasilan dari adsense mealui kanal youtubenya.

Lalu bagaimana caranya agar kita memperoleh video bebas lisensi atau hak cipta tanpa takut melanggar peraturan yang diberlakukan oleh youtube?

Setiap masalah bukan berarti tidak ada solusi,berikut ini adalah daftar situs penyedia video yang bebas digunakan untuk kepentingan pribadi ataupun untuk tujuan komersil.

TRIK DAN CARA MENDAPATKAN VIDEO DAN GAMBAR BEBAS HAK CIPTA


Lisensi dari setiap video disitus ini bersifat creatif common yang artinya setiap video ini bebas kita gunakan dan edit entah itu ditambah,dikurangi maupun digabung bersama video lain


DAFTAR SITUS PENYEDIA VIDEO DAN GAMBAR BEBAS HAK CIPTA

1.PEXELS

Pexel adalah situs penyedia stock foto dan video yang populer digunakan bagi para blogger maupun kreator untuk digunakan secara bebas dan untuk keperluan apapun.

Semua foto dan video di pexels adalah unggahan dari pengguna lain dan sangat banyak jenisnya mulai pemandangan,hewan peliharaan,musik,dan lain-lain.

Durasi dari tiap-tiap videonya juga bervariasi mulai dari satu menit,sepuluh menit,dan lain-lain

Baik itu video maupun gambar di pexels berstatus no copyright dan free to use,artinya tidak ada hak cipta yang ada didalamnya dan bebas digunakan.

Mungkin ada sebagian yang terdapat trade mark,mengenai hal ini silahkan baca terms and condition dari pexels disini


2.UNSPLASH

Berikutnya adalah Unsplash,mereka mengklaim bahwa mereka adalah situs penyedia stock bebas lisensi terbesar daripada situs lain.

Memang dari segi kategori sangat banyak dibanding situs lain mulai dari wallpaper,pemandangan,teksture hingga film ada di situs ini.

Semuanya gratis,bebas copyright dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan,satu mungkin yang menjadi kekurangan bahwa unsplash hanya menyediakan materi berupa foto,dan tidak menyediakan stok video disini.

3.PIXABAY

Pixabay juga merupakan situs penyedia gambar dan video terbaik berkutnya yang mengklaim mempunyai lebih dari satu juta materi mulai dari photo,ilustrasi,vector hingga video yang siap digunakan.

Disini juga terdapat sistem ranking dimana akan menampilkan video maupun gambar populer yang paling banyak dicari.

Semua materi yang didapat di pixabay bisa digunakan secara bebas,diperbanyak,dimodifikasi maupun didistribusikan.

Dari dulu pixabay sangat populer dikalangan blogger,konten kreator dan fotografer karena situs ini adalah sebuah situs yang dibangun oleh komunitas dan semakin berkembang sampai saat ini


4.Archive.org

Dari sekian banyak yang ada mungkin ini yang menjadi favorit saya dalam mencari materi yang bebas hak cipta.

Archive.org adalah situs dimana semua yang ada di internet diarsipkan dan tidak hanya video saja tapi juga software,pdf,gambar,movies dan lain-lainnya.

Semua materi yang ada disini yang paling banyak adalah film jadul yang mempunyai tahun 1950 ke bawah,kalau beruntung juga bisa menemukan video ataupun gambar yang diarsipkan tapi memiliki tahun pembuatan yang masih baru.

Filter pencarian juga beragam mulai jenis file,tahun pembuatan,topik dan lain-lain sehingga akan sangat memudahkan kita dalam mencari file yang spesifik.

Semuanya bebas digunakan secara legal  dan no copyright




Posting Komentar untuk "TRIK DAN CARA MENDAPATKAN VIDEO DAN GAMBAR BEBAS HAK CIPTA"