Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGALAMAN KLAIM DANA BPJS KETENAGAKERJAAN SAAT KARTU KPJ HILANG

Selama hampir dua bulan sejak saya memutuskan resign dari tempat saya bekerja akhirnya saya memutuskan untuk mencairkan dana bpjs KetenagaKerjaan.

Keputusan ini saya ambil Karena saya berkeinginan untuk menggunakan dana tersebut untuk tambahan usaha yang ingin saya rintis.

selama kurang lebih 4 tahun bekerja di dua perusahaan tentu jumlahnya lumayan,lebih tepatnya saya bekerja selama tiga tahun di perusahaan yang lama dan satu tahun di perusahaan terakhir, 

sebagai informasi saya mempunyai dua KPJ(kartu Peserta Jamsostek) karena dulu waktu dianjurkan untuk memakai satu kartu saja saya menolak dikarenakan KPJ fisik saya yang lama hilang daripada nanti ribet mengurusnya saya memutuskan untuk membuat kartu baru lagi.

Dana bpjs  ketenagakerjaan yang ingin saya cairkan meliputi JHT (jaminan Hari Tua) dan JP  ( jaminan Pensiun) saya mengikuti dua program itu yang ditawarkan perusahaan tempat saya bekerja.

Untuk KPJ fisik saya yang hilang sebelumnya diberitahu jika dapat diganti dengan surat kehilangan yang bisa diurus di polsek terdekat.Nanti tinggal beritahu ke petugas polsek tentang nomor kpj yang hilang dan tidak sampai 15 menit surat kehilangan sudah jadi.


Dokumen untuk klaim dana bpjs ketenagakerjaan

Setelah saya mengurus surat kehilangan maka selanjutnya adalah melengkapi dokumen yang diperlukan untuk mencairkan dana bpjs ketenagakerjaan,karena saya berhenti dengan alasan resign maka dokumen yang saya siapkan diantaranya

  1. Kartu Keluarga
  2. Surat paklaring (pengalaman Kerja)
  3. Buku Tabungan
  4. KPJ ( Kartu Peserta Jamsostek) bisa diganti dengan surat kehilangan dari polsek kasusnya seperti saya
  5. KTP
Semua dokumen tadi masing-masing difotokopi sebanyak satu lembar dan dimasukkan ke dalam stofmap jangan lupa sertakan juga dokumen yang asli.

Proses Klaim Dana BPJS ketenagakerjaan


Saya melakukan proses klaim dana BPJS di daerah Sidoarjo,Jawa timur sebenarnya proses klaim juga dapat dilakukan di daerah asal,saya melakukannya disini karena saat itu saya masih ada keperluan di Sidoarjo.

Berangkatlah saya pada jumat siang menuju kantor bpjs ketenagakerjaan yang beralamat di gading fajar,Sidoarjo.Saya sih pesimis mungkin disana akan antre karena saya berangkatnya siang dan ternyata setelah sampai sana suasananya sepi sekali, saya pikir karena hampir mendekati waktu shalat Jum'at.

Segeralah saya menuju ke pos satpam yang ada di sana dan mengatakan maksud saya untuk melakukan pencairan terhadap dana BPJS saya,karena ini pengalaman pertama,jadi agar lebih jelas saya langsung tanya kepada pak satpam yang ada disana.

Dari sana saya diarahkan untuk mengisi blanko terlebih dahulu,kemudian saya isi mulai nama,alamat,tanggal lahir,dokumen yang dibawa serta jenis pembayaran yang nanti akan diproses apakah melalui transfer atau secara cash,karena saya ingin mencairkan lewat transfer maka saya memasukkan nomor rekening beserta nama bank.

Setelah saya isi semua data-data saya lalu menyerahkannya ke satpam dan oleh beliau di cek ulang,setelah semua dirasa lengkap maka semua dokumen dan blanko tadi dimasukkan ke stofmap dan saya disuruh masuk ke kantor dan meletakkan stofmap tadi ke dalam box dokumen untuk antre dengan peserta bpjs lain yang ingin mencairkan dananya.

Tidak menunggu waktu lama sekitar 20 menitan nama saya kemudian dipanggil,saya langsung menuju ke konter 3 dimana disana ada petugas yang akan mengurus pencairan dana bpjs saya.

Oleh mbak petugasnya saya ditanya macam-macam tentang berapa lama saya bekerja,nama ibu kandung,alamat rumah,dan lain-lain semacam interogasi hehe.

Ya saya maklumi karena pertanyaan-pertanyaan itu sebenarnya hanya untuk mengetahui tingkat kecocokan antara apa yang kita omongkan dengan data yang ada di dokumen tersebut karena ditakutkan disalah gunakan oleh orang yang salah karena menyangkut uang yang jumahnya tergolong lumayan.

Setelah sesi wawancara tersebut kemudian saya disuruh untuk melakukan foto diri dan mbaknya bilang udah selesai kemudian mengatakan dana akan ditransfer paling lama seminggu sejak pertama saya melakukan klaim.

Beliau juga memberikan selebaran yang berisi data-data iuran yang saya bayarkan untuk BPJS dan juga nomor telefon sekiranya nanti dana belum masuk menurut waktu yang dijanjikan saya diminta untuk menghubungi nomor telefon tersebut.

Demikian pengalam klaim dana bpjs ketenagakerjaan tanpa proses lama dan mudah yang bisa saya bagikan semoga dapat menjadi informasi bagi anda.












Posting Komentar untuk "PENGALAMAN KLAIM DANA BPJS KETENAGAKERJAAN SAAT KARTU KPJ HILANG"