PENGALAMAN MENJADI PETUGAS CLEANING SERVICE RUMAH SAKIT
PENGALAMAN MENJADI PETUGAS CLEANING SERVICE RUMAH SAKIT - Oke kali
ini saya akan membagikan pengalaman saya ketika bekerja menjadi cleaning
service,tentu teman-teman tidak asing dengan jenis pekerjaan ini karena profesi
cleaning service atau bahasa awamnya tukang bersih-bersih adalah pekerjaan yang
umum kalian jumpai dimanapun.
Entah itu di restoran,mall,rumah sakit dan
lain-lain.Singkatnya semua jenis tempat ada pekerjaan seperti ini.Walaupun
pekerjaan ini kerap dipandang sebelah mata tapi keberadaanya sangatlah penting
agar tempat yang kalian kunjungi tetap dalam keadaan bersih,rapi dan
terawat.Misal kalian pergi ke mall,kan tidak mungkin kan kalian betah dengan
sampah yang berceceran dimana-mana,selain nampak kotor tentu mengganggu
pemandangan bukan.
Kembali ke
topik,jadi singkatnya saya adalah seorang petugas kebersihan di salah satu
rumah sakit yang ada di kota Surabaya,saya menjalani profesi ini lumayan lama
sekitar satu tahunan,jadi banyak suka dan duka telah saya alami ketika menjadi
seorang cleaning service
Kenapa saya
bisa sampai bekerja di Rumah sakit ini?jadi awal mulanya saya diberhentikan
dari pabrik tempat saya bekerja sebelumnya.Karena gak betah lama-lama
menganggur saya cobalah melamar ke sana-sini tapi belum ada kepastian.Hingga
akhirnya saya diajak oleh seorang teman untuk mencoba melamar ke salah satu
perusahaan outsourcing yang khusus menyalurkan tenaga kerja sebagai cleaning
service
Singkat cerita
kami melamar pada hari sabtu dan disuruh lagi datang ke kantor pada hari
senin.Setelah hari senin datang kami langsung diberitahu bahwa kami diterima kerja
dan disuruh mengikuti pelatihan hari selasa berikutnya.selama pelatihan kami
diberi pengetahuan tentang dasar-dasar cleaning service seperti dusting (pengelapan),moping(pengepelan),ceiling (pembersihan sarang laba-laba),sweeping (penyapuan), glass cleaning (pembersihan kaca) serta etika kesopanan dalam melayani customer
atau istilahnya 5S
(senyum,sapa,salam,sopan,santun)
Kami
menjalani pelatihan selama kurang lebih tiga hari,dan di hari terakhir saya
diberitahu bahwa akan ditempatkan di Salah satu rumah sakit swasta yang ada di
kota pahlawan,jaraknya sih lumayan dari tempat kostan karena saya ngekost di
Sidoarjo.Kurang lebih 30 menitan kalau tidak macet.
Rumah sakit
ini terdiri dari empat lantai dimana tugas saya adalah menjaga kebersihan di
Lantai 2,jadi kami terdiri dari delapan orang dimana satu orang menjadi tim
leader dan yang lainnya menjadi petugas CSO.Di tim saya terbagi menjadi dua
shift,dimana satu shiftnya terdiri dari 3 orang,satu orang lagi menjadi petugas
middle dimana dia menggantikan teman-teman yang lain ketika off atau libur.
Oh iya di
lantai dua ini yang menjadi area kerja saya adalah ruang rawat inap,nurse
station dan seluruh koridor,bisa dibayangkan kan betapa capeknya haha.Ruang
rawat inapnya ada sembilan kamar.Jadi keseharian saya adalah
menyapu,mengepel,buang sampah,mengelap pokoknya semua pekerjaan yang terkait
dengan kebersihan dan kerapian menjadi tanggung jawab saya di lantai tersebut
Rutinitasnya
setiap hari kurang lebih seperti ini.Pagi hari sebelum memulai pekerjaan
biasanya kami dibriefing mengenai tugas apa saja yang mesti kami kerjakan di
tambah progres yang mesti kami selesaikan hari itu.jadi progres itu semacam
pembersihan area-area dimana kami mendapat tugas tambahan selain pekerjaan
pokok yang wajib kami kerjakan setiap harinya.Seperti pembersihan lift,detail
cleaning toilet dan yang lainnya.
Saya juga
wajib membersihkan kamar inap ketika ada pasien yang pulang,jadi saya
memastikan kebersihan kamar pasien sebelum ditempati oleh pasien baru
berikutnya.menjadi petugas kebersihan di rumah sakit tentu banyak suka dan
dukanya.
Sukanya itu
kita kadang atau bisa dikatakan sering menerima uang tips atau makanan dari keluarga pasien yang datang berkunjung.lumayanlah
bisa sebagai tambahan uang jajan,dan lagi bisa cuci mata melihat mbak-mbak
perawat yang cantik-cantik hehe.Selain itu waktu istirahatpun kalau bekerja di
rumah sakit sangat fleksibel,asal semua pekerjaan yang kita kerjakan telah selesai.Kita
bisa pergi ke gudang untuk rebahan dan bercanda dengan teman-teman yang lain.
Setelah
membahas sukanya gak lengkap rasanya jika tak membahas tentang dukanya menjadi
petugas cleaning service di rumah sakit,jadi gak enaknya adalah kita sering
tidak mendapatkan APD (alat perlindungan diri) yang layak,kan tahu sendiri kalo
rumah sakit adalah tempat dimana orang-orang sakit di rawat,tentu jika imun
kita tidak kuat maka mudah saja penyakit menular ke kita.
Yang paling sering adalah
saya kerap membawa sendiri sarung tangan atau handscoon karena pihak rumah
sakit membatasi penggunaan sarung tangan karena hanya boleh dipakai oleh
petugas kesehatan.
Untuk
cleaning service sebenarnya disediakan tetapi karena kita lebih sering
menggunakannya jadi stoknya kerap habis.dan lagi gaji sebagai cleaning service
tergolong kecil jika dibandingkan dengan pekerjaan sejenis seperti di mall yang
rata-rata UMK,ditambah lagi saya ikut outsorcing jadi makin banyak potongan.
Tapi
dibalik itu semua banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang saya
dapatkan,disamping menambah teman baru juga.Mungkin itulah sekelumit pengalaman
saya bekerja sebagai petugas cleaning service di rumah sakit.
Posting Komentar untuk "PENGALAMAN MENJADI PETUGAS CLEANING SERVICE RUMAH SAKIT"