Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA RISET KATA KUNCI MENGGUNAKAN UBERSUGGEST

Mendapatkan jumlah visitor atau pengunjung yang banyak tentu merupakan harapan bagi para blogger,salah satu faktor yang menentukan jumlah pengunjung ke blog adalah dengan riset keyword atau melakukan observasi terhadap kata kunci yang ditargetkan.Sehingga visitor akan dengan mudah menemukan situs anda lewat mesin pencari.




CARA RISET KEYWORD DENGAN TOOL UBERSUGGEST



Untuk melakukan pengkajian atau menemukan kata  kunci yang tepat saat ini telah terdapat beberapa tool yang tersedia di Internet salah satunya adalah ubersuggest.

Selain gratis,ubersuggest juga menyediakan berbagai macam opsi pilihan untuk membantu kata kunci kita semakin optimal dalam diterapkan di blog kita nantinya.


Kenapa Riset Keyword Itu penting?


Sebelum menggunakan tool riset keyword ubersuggest ini saya dulu asal-asalan dalam menulis artikel tanpa memperdulikan hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam ngeblog.Saya pikir dengan kita menulis artikel,secara otomatis tulisan kita langsung terindek oleh google,tapi setelah beberapa lama saya ngeblog dan baca artikel lain ternyata tidak semudah itu agar tulisan kita bisa dikenali oleh google.

Karena sejatinya biarpun google itu adalah mesin pencari yang bekerja secara otomatis tetapi agar blog kita dapat dikenali ada langkah-langkah yang perlu kita lakukan salah satunya adalah dengan riset kata kunci ini.

Riset kata kunci bertujuan agar artikel yang kita buat menjadi unik,bayangkan saja setiap hari terdapat artikel-artikel baru yang dipost ke halaman google dengan topik yang sama dengan kita.Coba anda pikirkan dari sekian banyak itu jika tidak dilakukan riset terlebih dahulu maka artikel kita tentu sulit untuk bersaing dengan artikel lain.

Nah dengan melakukan riset setidaknya kita dapat melakukan pengkajian dan bisa menawarkan sesuatu yang beda untuk pembaca dan juga untuk google sebagai mesin pencari itu sendiri.

Hampir 95 persen pencarian di google mengggunakan kata kunci untuk membantu menemukan informasi yang relevan dengan kata kunci yang dituju.Itulah sebabnya riset kata kunci memiliki peranan yang penting didalam kaidah SEO.

Dengan mempelajari cara riset kata kunci kita akan belajar bagaimana membuat blog kita baik di mata google ataupun visitor dilihat dari segi seo maupun dari segi artikel. 

Kata kunci sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda dan tingkat penggunaan yang bermacam-macam,disini saya tidak akan membahas hal tersebut tapi saya akan mengulas bagaimana meriset kata kunci atau keyword dengan tool gratisan yaitu ubbersugest.

Ubersugest sendiri sebenarnya bukan satu-satunya tool untuk meriset kata kunci,ada banyak beberapa diantaranya adalah Semrush,KWfinder,MOZ,dan lain-lain.

Penggunaan ubersuggest sangat mudah, kita tinggal pergi ke alamat situsnya dan mengetik kata kunci yang diinginkan maka seketika itu juga data mengenai kata kunci tersebut langsung tampil. 

Dan satu lagi kita tidak perlu melakukan registrasi atau mendaftar email di situs tersebut jadi lebih simpel dan tidak ribet. 

Kelebihan ubersuggest lainnya adalah tool ini gratis dan memiliki menu yang sederhana sehingga cocok digunakan oleh blogger pemula yang baru pertama kali terjun dalam dunia blogging.

Cara Riset Keyword  dengan Ubersuggest

Pertama-tama tentukan kata kunci yang ingin digunakan,dalam contoh ini saya menggunakan kata kunci  "merawat kelinci" sebagai topik untuk artikel saya.

Anda bisa menggunakan kata kunci lain sekiranya yang relevan dengan topik blog anda.

Berapa banyak kata yang diinginkan sebenarnya tidak menjadi patokan,tapi semakin sedikit biasanya semakin bagus dan datanya akurat. 

saran saya gunakan dua atau lima suku kata agar google mudah menemukan blog anda berdasarkan kata kunci yang anda tentukan.

Setelah menemukan kata kunci yang anda cari segera menuju kesitus ubersuggest.

step by step

1.Masukkan kata kunci yang diinginkan ke dalam kotak pencarian,jangan lupa pilih negara Indonesia,kemudian klik search.

2.Setelah itu muncul "keyword Overview".inilah data yang ditampilkan mengenai kata kunci yang diketikkan.Ada beberapa bagian,bagian paling atas adalah menampilkan data umum tentang keyword tersebut

bagian pertama

CARA RISET KEYWORD DENGAN TOOL UBERSUGGEST
Keyword overview
Keterangan : 

  • Search Volume - Berapa banyak pencarian yang dilakukan terhadap kata kunci tersebut selama 1 bulan terakhir. 
  • SEO difficulty - Tingkat persaingan kata kunci tersebut untuk tampil di halaman pertama google,semakin banyak peringkatnya,tingkat persaingan makin tinggi dan kemungkinan muncul di halaman pertama google akan semakin sedikit. 
  • Paid Difficulty - Seberapa kemungkinan google akan membayar untuk setiap klik yang menuju blog anda melalui kata kunci tersebut.Semakin rendah peringkatnya,kemungkinan google akan membayar akan semakin tinggi.Parameter ini biasanya digunakan bagi blog yang sudah termonetisasi dengan google adsense.
  • Cost Per Click - adalah biaya perklik dari setiap visitor menuju link anda.seperti yang terlihat diatas biaya perklik adalah 1493 rupiah,ini berarti jika orang mengklik situs anda maka anda akan mendapatkan perkiraan sebesar 1493 dari setiap klik. 

bagian kedua

CARA RISET KEYWORD DENGAN TOOL UBERSUGGEST
grafik kata kunci
Keterangan 

  • Pada bagian kedua ditampilkan grafik kata kunci tersebut,pada bagian ini akan menampilkan grafik jumlah pencarian kata kunci tersebut selama satu tahun terakhir.Dengan melihat grafik ini kita dapat memperoleh pedoman tentang bagaimana status kata kunci tersebut dari waktu ke waktu.
  • dengan grafik ini kita tahu kapan kata kunci tersebut mengalami lonjakan atau penurunan kunjungan sehingga kita dapat mengetahui seberapa efektif kata kunci tersebut pda trafik blog kita

bagian ketiga

CARA RISET KEYWORD DENGAN TOOL UBERSUGGEST
data kata kunci

dalam bagian ketiga ini akan menampilkan data kata kunci kita dan kata kunci terkait atau masih berhubungan dengan kata kunci awal kita

  • Trend-menampilkan data seberapa populer kata tersebut dalam mesin pencari
  • Volume-Jumlah pencarian kata kunci tersebut dalam satu bulan terakhir
  • Cpc - nilai klik dari masing masing kata kunci
  • Pd(paid difficulty) - seberapa sulit kata kunci tersebut dapat dibayar oleh google
  • SD ( score domain ) - Peringkat kata kunci tersebut dalam mesin pencarian google

bagian keempat

CARA RISET KEYWORD DENGAN TOOL UBERSUGGEST

Disini akan ditampilkan situs-situs mana saja yang memakai kata kunci tersebut di dalam blog mereka.Dengan mengetahui data ini kita akan tahu siapa kompetitor kita dan seberapa sulit tingkat persaingan kata kunci tersebut dalam mesin pencarian google.
  • Est Visit - ini adalah estimasi atau perkiraan jumlah visitor yang mengunjungi situs tersebut berdasarkan kata kunci yang dipilih
  • Backlinks - Jumlah link atau alamat url tersebut yang dipasang dalam situs lain
  • logo facebook - jumlah share artikel tersebut dalam media sosial facebook
  • logo pinterest - jumlah share artikel pada pinterest.
kunjungi situs tersebut dan lakukan observasi mengenai artikel didalamnya sebagai acuan kita dalam membuat artikel sehingga artikel kita dapat bersaing dengan artikel lain pada situs tersebut.



3. setelah melakukan riset dan observasi yang mendalam dengan kata kunci tersebut maka silahkan klik tombol export to csv untuk mengcopy kata kunci tersebut ke dalam microsoft excel atau tombol copy to clipboard untuk mengkopi daftar kata kunci ke microsoft word.

CARA RISET KEYWORD DENGAN TOOL UBERSUGGEST

Anda akan mendapatkan data kata kunci dari ubersuggest,dari sekian banyak kata kunci tersebut silahkan dipilah dan pilih kata kunci untuk digunakan dalam artikel sobat.

Dengan penggunaan kata kunci yang tepat akan membuat blog yang anda buat memiliki kekuatan untuk tampil di halaman satu google,walaupun ada banyak faktor lain yang menentukan,tapi dengan penggunaan kata kunci yang relevan akan memudahkan jalan ke sana.

baca juga : pengalaman pengajuan adsense untuk blog





Posting Komentar untuk "CARA RISET KATA KUNCI MENGGUNAKAN UBERSUGGEST"