Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN PLASTISIN-FUNGSI JENIS DAN CARA MEMBUATNYA

Apa itu plastisin

PENGERTIAN PLASTISIN-FUNGSI,JENIS DAN CARA MEMBUATNYA
Plastisin berbentuk dinosaurus
Menurut sejarah plastisin adalah adonan sebagai pengganti tanah liat,ditemukan oleh William Harbutt,guru seni asal negara Inggris yang mencari alternatif bahan sebagai penunjang kreatifitas untuk muridnya,berbeda dengan sifat tanah liat yang mudah mengeras dan mengandung banyak kotoran,plastisin lebih bersih dan tidak mudah mengeras karena berbentuk adonan dan mengandung lilin didalamnya.

 Sampai hari ini plastisin sangat populer sebagai bahan praktikum di taman kanak-kanak maupun di sekolah dasar.Anak-anak sangat menyukainya karena dapat dibuat bermacam-macam bentuk dan memiliki banyak variasi warna sehingga anak kecil mudah tertarik.

Sifatnya yang lunak dapat melatih motorik anak-anak dan cocok dengan jari-jari kecil mereka,tidak hanya itu karena sifatnya yang lunak sehingga akan memancing daya berpikir anak untuk meciptakan bentuk-bentuk baru sesuai dengan imajinasi mereka.

Selain itu karena bahan pembuatnya juga tidak mengandung unsur kimia berbahaya sehingga sangat aman digunakan tanpa khawatir anak akan keracunan atau sebagainya.
Harganya yang murah dan dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko mainan terdekat juga menjadi alasan kenapa plastisin begitu populer.




Jenis Plastisin

Di pasaran banyak sekali jenis plastisin yang dijual,dengan megetahui jenisnya kita dapat memilih kira-kira mana yang tepat dipakai untuk anak-anak dalam berkarya.

  • malam-plastisin yang terbuat dari campuran parafin bentuknya lunak dan tidak mudah mengeras sehingga dapat dengan mudah jika dibentuk kembali,kelebihannya adalah tidak mudah kotor jika bermain dengan plastisin jenis ini karena sifat lilin yang tidak mudah bercampur dengan material lain seperti keringat dari tangan serta harganya murah dan dapat dengan mudah ditemukan di toko mainan
  • plastisin clay (tepung)-terbuat dari bahan yang komposisi utamanya adalah tepung tapioka,mempunyai sifat yang lebih keras dibanding dengan plastisin jenis malam,mempunyai bentuk yang solid dan dapat dibuat sendiri di rumah dengan mudah
PENGERTIAN PLASTISIN-FUNGSI,JENIS DAN CARA MEMBUATNYA
Play-Doh
satu lagi jenis plastisin yang lain tapi saya tidak memasukkannya kedalam kriteria diatas karena lebih bersifta ke nama merk,namanya adalah Play-Doh ,adonan ini juga termasuk kedalam keluarga plastisin tetapi memiliki bentuk dan tekstur yang lebih baik daripada kedua jenis diatas dan harga dipasaran juga sedikit mahal karena merupakan plastisin impor dari luar,dari segi warna Play-Doh juga memiliki warna yang berbeda dan mempunyai bau yang khas.Bahan pembuatnya sendiri terdiri dari tepung,air,pasir,borax dan minyak.Dulu sebelum digunakan sebagai media untuk bermain,Play-Doh memiliki fungsi sebagai pembersih dinding.

Membuat Play-Doh

Selain membeli kita juga bisa membuat plastisin sendiri dan sangat mudah,dengan membuat sendiri akan lebih menghemat biaya karena bahan pembuatnya dapat dengan mudah ditemukan disekitar kita,membuat plastisin dapat dilakukan bersama anak untuk melatih jiwa sosial dan menumbuhkan semangat kebersamaan dan saling membantu.

Bahan Untuk Membuat Play-Doh

  1. 1 mangkok tepung terigu
  2. 2 sendok makan minyak goreng
  3. 4 sendok teh garam halus
  4. 1 sendokn pewarna makanan
  5. wadah sebagai tempat adonan
  6. 1 gelas air putih

Langkah membuat

  1. campur garam ke dalam tepung dan aduk perlahan,aduk sampai bahan tercampur dan merata
  2. jika sudah tercampur,siapkan pewarna dan mangkuk,tuangkan sebanyak empat tetes dan minyak goreng kemudian air lalu aduk semuanya hingga merata
  3. masukkan sedikit-sedikit tepung adonan tadi kedalam mangkuk sehingga semuanya tercampur kemudian aduk dengan tangan hingga kalis atau lembut
  4. bentuk bulatan dan masukkan ke dalam plastik 
  5. sekarang play-doh bikinan sendiri sudah jadi
Setelah jadi kini saatnya berkreasi dengan membentuk bermacam-macam kreasi sesuai imajinasi misal hewan,tokoh superhero,kendaraan atau lainnya

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN PLASTISIN-FUNGSI JENIS DAN CARA MEMBUATNYA"